SOSIALISASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TAHUN 2019

Pekalongan - Sosialisasi Administrasi Kependudukan Tahun 2019 diselenggarakan selama 4 (empat) hari. Dibuka oleh Bapak Asisten Pemerintahan Sekda Kota Pekalongan, Drs. R. Doyo Budi Wibowo, M.Si sekaligus sebagai narasumber pada hari Senin 29 Juli 2019. Sosialisasi tersebut dibiayai oleh APBD dan DAK 2019. Mengundang 400 (empat ratus) peserta yang terdiri dari perwakilan RT, Kasi Pemerintahan dan Petugas register Kecamatan dan Kelurahan, organisasi wanita, SD negeri/swasta serta stakeholder terkait.
Maksud diselenggarakannya sosialisasi ini antara lain: Agar masyarakat Kota Pekalongan ikut mensukseskan #GISA :(Gerakan Indonesia Sadar Adminduk), memberikan pemahaman kepada masyarakat, pemangku kepentingan dan stakeholder akan arti pentingnya kelengkapan dokumen kependudukan sedangkan tujuan diselenggarakan Sosialiasi tersebut yaitu meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan (KTP-el, KK, Akta-akta capil).
Diharapkan dengan sosialisasi adminduk dapat meningkatkan cakupan dokumen kependudukan antara lain akta kelahiran baru mencapai 49,85 % meskipun akta anak (0-18 tahun) telah mencapai 89,53 % dan akta balita (0-5 tahun) mencapai 99,26%. Sedangkan akta kematian mencapai 72,87 %. Dalam hal ini Ketua RT yang mengetahui penduduk dalam wilayahnya ketika terjadi peristiwa penting dan peristiwa kependudukan sehingga peran ketua RT sangat penting dalam menyebarluaskan sosialisasi tersebut kepada warga dilingkungannya. Untuk perekaman KTP, wajib KTP yang belum melakukan perekaman dari Laporan SIDASI sebanyak 5.165 (2,26%) sudah rekam 225.949 (98,9 %). Agar seluruh peserta sosialisasi dapat membantu Dindukcapil untuk menyebarluaskan arti pentingnya dokumen kependudukan dan mensukseskan #GISA. Sosialisasi Adminduk Tahun 2019 ditutup pada Hari Kamis, 1 Agustus 2019.