GENCARKAN PROGRAM GISA MELALUI SOSIALISASI ADMINDUK

Dalam rangka terwujudnya masyarakat tertib administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan melaksanakan Sosialisasi Administrasi Kependudukan (Adminduk) dengan Ketua RT se-Kota Pekalongan sebagai peserta. Acara tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu pada tanggal 27-30 September 2021 di Aula Dindukcapil Kota Pekalongan.

Acara dibuka langsung oleh Drs. Muadi, M.Si selaku Plt. Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan dengan menghadirkan Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Drs. Muadi, M.Si mengajak Ketua RT untuk berperan dalam mendukung program GISA dan mengoptimalkan tugasnya sebagai jembatan warganya untuk mendapatkan haknya sebagai warga negara.

“Pemerintah sangat terbantu jika RT melaksanakan tugasnya dengan maksimal, sebab RT ini yang paling dekat dengan masyarakat sehingga lebih mudah untuk menyampaikan informasi khususnya terkait adminduk seperti KK, KTP-el, akta dan lainnya”, ungkap Muadi.

Selanjutnya para narasumber memaparkan regulasi terbaru terkait adminduk yakni adanya pemangkasan birokrasi dan penyederhanaan syarat dan prosedur dalam mengurus dokumen kependudukan agar memudahkan masyarakat serta meringankan tugas RT, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mengurus dokumen kependudukan.

Dijelaskan pula bahwa dokumen kependudukan kecuali KTP-el dan KIA saat ini menggunakan kertas HVS A4 sebagai media cetak serta digantikannya tanda tangan basah dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE) berupa QR code yang dapat discan menggunakan aplikasi di smartphone.

Narasumber juga menyampaikan beberapa inovasi yang telah dilakukan diantaranya jemput bola perekaman KTP-el bagi warga yang tidak bisa datang karena kondisi tertentu, jemput bola akta kelahiran, serta pelayanan terintegrasi 3in1 yaitu akta kelahiran, KK dan KIA.

Upaya yang dilakukan oleh Dindukcapil Kota Pekalongan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menyukseskan program GISA. Oleh karena itu, seluruh pihak diharapkan berperan aktif dan menyadari pentingnya administrasi kependudukan.